Blog Image

Blog

How to start Zero Waste: 10 Cara Mudah Untuk Mengurangi Sampah (GRATIS!)

August 2, 2018
/
#Belajarzerowaste , Tips
How to start Zero Waste: 10 Cara Mudah Untuk Mengurangi Sampah (GRATIS!) image

Banyak anggapan bahwa gaya hidup minim sampah merupakan gaya hidup yang mahal. Anggapan ini muncul karena sering kali kita 'mengharuskan' diri untuk membeli alat-alat pendukung gaya hidup ini dengan alasan lucu dan instagrammable! Padahal, inti dari gerakan gaya hidup adalah mengurangi konsumsi dan pembelian barang-barang yang tidak kita perlukan dan berpotensi menjadi sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Jangan jadikan alasan 'tidak punya' zero waste kit, kamu tidak memulai. Nyatanya, gaya hidup minim sampah ini bisa dimulai kapan saja, dimana saja, oleh siapa saja secara GRATIS!

 
1. Siapkan TEKAD yang kuat
Tekad yang kuat merupakan modal awal yang sangat penting untuk memulai gaya hidup minim sampah. Sebab, merubah gaya hidup merupakan sebuah proses yang tidak bisa terjadi dalam satu malam. Butuh waktu minimal 21 hari untuk menjadi terbiasa dan bersiaplah menjadi 'alien' di tengah-tengah masyarakat yang masih menggunakan plastik. but hey It's absolutely OK to make mistakes and being weird!
 
2. Pilah dan audit sampah
Kebiasaan lama kita sebagai orang Indonesia adalah mencapurkan sampah menjadi satu tong sampah. Padahal sampah kita terdiri dari berbagai macam jenis material lho. Mulai pilah sampahmu menjadi botol kaca, kertas, karton, botol plastik, organik, elektronik dan sampah lain yang tidak dapat di daur ulang. Serahkan sampah yang bisa di daur ulang di bank sampah terdekat, komposkan sisa sampah organik, dan timbang sisa sampah lain yang tersisa. Dengan melakukan pilah dan audit sampah, kamu bisa mengetahui seberapa banyak sampah yang akan kamu buang ke landfil.
You never realize how many waste you produce untul you start count them
3. REFUSE
Menolak merupakan langkah kecil pertama yang bisa kamu lakukan untuk menyelamatkan bumi kita. Menolak apa? single-use plastic, seperti kantong belanja plastik, sedotan, makanan dan minuman kemasan dan sebagainya. Dengan menolak, kamu tidak perlu repot-repot membeli barang baru kan? seriously, you don't have to buy those fancy produce bags or straws to live zero waste! just refure and use what you have. If it works, it works!
 
4. Reusable Bag (any bag you have really!)
Gunakan tasmu saat berbelanja ke pasar atau ke supermaket - or any places you go!. Gunakan tas yang sudah kamu miliki ya, entah itu berbahan polyester (plastik), karton, kain, selama tas itu bisa berfungsi sebagai pembawa barang belanja, then you're good to go!
 
5. Reusable Bottle / Cup
Again, please use any bottle you have. Tentu botol stainless steel akan lebih baik dari segi kesehatan. Tapi, kalau saat ini kamu sudah punya botol plastik, silahkan bawa botol airmu kemana pun kamu pergi. It's important to keep you hydrated, right? Dan untuk kamu yang suka kopi, jangan lupa bawa reusable coffee cupmu saat ingin membeli kopi ya!
 
6. Bawa kotak makan atau Rantang
Sama halnya dengan reusable kit yang sudah kami sebutkan diatas, kotak makan merupakan satu benda yang wajib kamu bawa saat berpergian. Kotak makan berbahan apa saja yang kamu miliki saat ini akan berfungsi sangat baik kok! Dengan membawa kotak makanmu sendiri, kamu bisa menyimpan sisa makanan saat makan di restoran atau kalau tiba-tiba hasrat jajan harus dipenuhi tanpa harus meninggalkan sampah.
 
7. ASK
Memulai gaya hidup minim sampah mengharuskan kita untuk selalu bertanya.
  • Mas/Mba, bisakah minuman saya dihidangkan tanpa sedotan?
  • Mas/Mba, bisakah saya membeli makanan ini dengan kotak makan sendiri?
  • Mas/Mba, bisakah saya membeli kopi ini dengan reusable cup saya sendiri?
  • Mas/Mba, belanjaan saya dimasukkan ke tas saya sendiri saja bisa ya?
Kadang, tidak semua perusahaan dan tempat makan memperbolehkan kita untuk menggunakan alat makan dan minum milik kita sendiri. anndd it's totally fine! Mereka, si Mas/Mba, yang melayani kalian itu cuma menjalankan tugasnya saja. Sometimes we win and sometimes we loose. but at least we've tried. Yang penting jangan lupa bertanya dengan baik sambil memberikan senyuman paling manismu!
Tip: always ask nicely. spread only positivity and kindness. don't just people who use plastics. Maybe they really need it, or maybe they just don't know about the issues yet. eveybody has their own pace.
 
8. STOP buying THINGS
what are THINGS? Sesuatu yang tidak kamu butuhkan. Menjalankan gaya hidup minim sampah harus diiringi dengan kesadaran untuk tidak membeli barang yang tidak kita butuhkan dan berpotensi berakhir di TPA. Sebelum kamu memutuskan untuk membeli sesuatu, coba tanyakan kembali ke dirimu sendiri:
  • Apakah saya benar-benar membutuhkan barang ini?
  • Apakah barang ini akan berguna di dalam kehidupan saya dalam waktu dekat?
  • Apa yang akan saya lakukan terhadap barang ini jika sudah rusak nanti?
  • Apakah saya bisa meminjam barang ini dari teman?
Tip: always be concious and mindful when you shop! baca juga #thinkbeforeshop
 
9. Make your own
Saat ini, banyak sekali barang-barang kebutuhan kita sehari-hari dijual dalam kemasan plastik. Mulai dari makanan sampai urusan personal care seperti sabun, shampo, pasta gigi, deodoran dsb. if you have a spare time, you could really make your own daily needs - which absolutely plastic free! Misalnya seperti DIY pasta gigi dan deodoran yang sangat mudah dibuat dan membutuhkan sedikit waktu.
 
10. Ikut komunitas
Starting zero waste is hard for some! we totally get that! but you don't have to do it alone. Kamu bisa ikut bergabung dengan komunitas yang ada untuk salig bertukar pikiran, ide, dan tips-tips yang berguna untuk menjalani hidup sampah. You are more than welcome to join our community here.
 
bonus tip
11. HAVE FUN!
we do really thing this is the most important thing to start zero waste lifestyle. Menerapkan gaya hidup minim sampah merupakan sebuah proses belajar bertahap yang membutuhkan waktu. Jangan pikirkan tentang ZERO atau menjadi sempurna tanpa sampah, karena infrastruktur ekonomi linear yang ada saat ini tidak mendukung kita untuk tidak menghasilkan sampah. Let's celebrate every small win you have accomplished and make sure you are having fun along the journey towards zero waste!
 
Masih ragu-ragu untuk memulai hidup minim sampah? we are more than welcome to receive any of your questions, doubts or comments! Yuk kita kurangi sampah kita sekarang.