Blog Image

Blog

10 Alasan untuk Beralih ke Menstrual Cup.

September 22, 2018
/
#Belajarzerowaste , Reviews
10 Alasan untuk Beralih ke Menstrual Cup image
Jika kita mendengar kata Menstrual Cup, sering kali kita mengernyitkan dahi karena belum mengenal dan atau merasa takut dan nyeri membayangkan cara penggunaannya. Jangan salah, ternyata Menstrual Cup ini bukan suatu hal yang baru. Menstrual Cup pertama sudah di patenkan sejak dari tahun 1932. Jadi, Menstrual Cup bukanlah produk yang baru! Mungkin memang terdengar mengerikan untuk beralih ke Menstrual Cup, and maybe you still need a little bit of convincing? hehe
 
Here are my 10 reasons why I shift to a menstrual cup, and you should (or at least think about it) too!
 

1. Sangat, sangat, sangat nyaman

Penggunaan Menstrual Cup sebetulnya sangatlah mudah. Hanya saja, memang butuh kesabaran untuk menjadi pro-user. Mungkin bisa memakan waktu 1,2, atau bahkan 3 bulan sebelum akhirnya kita bisa lancar menggunakan Menstrual Cup. But, trust me, once it works, trust me, you will never want to go back!
 
It’s as simple as Insert masukkan cup kedalam vagina, Remove kelularkan, Empty kosongkan, Reuse gunakan kembali. Ngga perlu repot mencuci dan menjemurnya! duh surga bangettt! you don't even realize it is inside your body. Another plus poin, Menstrual cup bisa digunakan hingga 12 jam, bergantung dengan flow menstruasimu. Asik banget kaaan?



2. Bebaskan pikiranmu – tak ada lagi bocor

Kebanyakan dari kita, pasti pernah mengalami kebocoran saat menggunakan pembalut. Entah karena penuh atau simply karena peletakkan pembalut yang tidak tepat. Penggunaan Menstrual Cup dengan benar tidak akan menyebabkan kebocoran karena sifat menstrual cup yang menciptakan ‘vacuum’ saat berada di dalam vagina. So, you don’t have to worry! Kalaupun kamu mengalami kebocoran, itu biasanya disebabkan karena Menstrual Cup yang tidak terbuka sempurna atau kesalahan ukuran
 
 

3. Terbebas bahan kimia berbahaya

Apakah kamu tahu apa yang terkandung didalam pembalut sekali pakai yang biasa kamu pakai? Kebanyakan pembalut sekali pakai menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya seperti lem, parfum, bahkan zat pemutih (bleach)! Dan tanpa kita sadari, semua zat berbahaya itu kita gunakan untuk vagina kita. OrganiCup dibuat dari100% medical-grade silicone, yang artinya bebas dari bahan-bahan kima berbahaya. Pembalut sekali pakai juga sering kali menyebabkan kulit kering, alergi, bahkan iritasi. Dengan menggunakan Menstrual Cup, kamu akan terbebas dari alergi dan iritasi kulit yang disebabkan oleh pembalut
 

4. Turut serta menyelamatkan bumi kita

Tahu ngga, 1 Menstrual Cup bisa kita pakai hingga 10 tahun? Bayangkan berapa banyak pembalut sekali pakai yang kita buang dalam kurun waktu yang sama. Faktanya, satu wanita bisa membuang sebanyak ~11.000 pembalut sekali pakai selama hidupnya. Dan tahu ngga, kalau 1 pembalut itu sama dengan 4 buah kantong plastik sekali pakai! Jadi, bayangkan berapa banyak sampah yang kita buang ke TPA jika kita masih menggunakan pembalut sekali pakai. Dengan beralih ke Mensrtual Cup, kamu akan mengurangi pembuangan sampah ke TPA secara signifikan yang tentu saja akan menyelamatkan bumi kita!
 
 

5. Menghemat uang belanjamu

Jika 1 menstrual cup bisa bertahan hingga 10 tahun, itu artinya kamu akan bisa menyimpan uang yang seharusnya kamu gunakan untuk membeli pembalut setiap bulannya selama 10 tahun! Menstrual Cup memang terkesan mahal diawal, but it will definitely save your money in a long run!
 

6. Your perfect travel buddy

Menstrual Cup dapat menjadi teman yang sempurna saat kita sedang dalam perjalanan (travelling). Menstrual Cup bisa kita pakai hingga 12 jam sehingga sering kali kita tidak perlu menggantinya dalam perjalanan. Imagine if we compare it with disposable pads where we have to change ti every 5-6 hours! Selain itu, kita bisa menggunakan Menstrual Cup saat berenang di laut! As a diver, I totally recommend using a menstrual cup! Now, I don’t have to worry to dive during my period!
 
Read more about Diving with a Menstrual Cup here
 

7. Sports? No problem

Mungkin beberapa kalian akan bertanya apakah Menstrual Cup bisa digunakan saat berolahraga. And the answer is YES absolutely! Berenang, fitness, yoga, bersepeda, lari, semua sudah pernah saya coba and guess what? nothing happens! Suction seal dari Menstrual Cup akan menjaga Menstrual Cup ditempatnya. Jadi, kita tidak perlu kuatir kalau Menstrual Cup akan terjatuh saat kita beraktivitas berat atau saat berolahraga.


8. Tidur nyenyak sepanjang malam

Pakai Menstrual Cup saat tidur? Bisa banget! Dengan menggunakan Menstrual Cup, kita bisa mengucapkan selamat tinggal pada noda darah menstruasi yang sering kali ada di sprei atau bed cover kita! Selain itu, kita juga bisa mengucapkan selamat tinggal kepada ‘that huge, super long, and annoying’ night pads too! Awesome!
 

9. Menstrual Cup memiliki kapasitas lebih besar daripada pembalut

Kapasitas Menstrual Cup bervariasi dari 25-30 ml. Kapasitas ini setara dengan 3 kali kapasitas super tampons. Jadi, jika kamu memilki flow menstruasi yang cukup deras, kamu tidak perlu mengeluarkan menstrual cup serbanyak kamu harus mengganti pembalut sekali pakai. Ah... period feels so much easier with menstrual cup
 

10. Kencing dan BAB dengan nyaman

Sering kali kita harus mengganti pembalut sekali pakai sesaat setelah kita kencing atau BAB. Well, sometimes unexpected thing happpens right? Dengan Menstrual Cup, kita tidak perlu khawatir lagi saat kencing dan BAB karena Menstrual Cup berada aman di dalam vagina! Menstrual Cup akan tetap bersih jauh dari cipratan air kencing ataupun BAB.
 
Jadi gimana? sudah siap untuk beralih?
Get your OrganiCup Menstrual Cup to feel the #NewPeriod and experience the #ZerowastePeriod shop here.