Blog Image

Blog

Proses daur ulang dan lokasi Drop Box kemasan Tetra Pak

September 2, 2018
/
#Belajarzerowaste
Proses daur ulang dan lokasi Drop Box kemasan Tetra Pak image

Beberapa hari yang lalu, di support group Whatsapp yang saya ikuti, kami mendapatkan kesempatan untuk belajar mengenai tata cara daur ulang kemasan Tetra Pak, dengan Ibu Pelangi, Customer Service bagian Supply Chain, sebagai narasumber. Jadi info yang akan saya share ini bersumber dari Tetra Pak sendiri, kredibel yah!

Tentang Kemasan Tetra Pak

Nah sebelum kita bahas cara mendaur ulang kemasan Tetra Pak,, ada baiknya kita mengetahui dulu kemasan Tetra Pak ini terdiri dari apa saja sih? Kemasan Tetra Pak terdiri dari 6 lapisan yaitu lapisan kertas (74%), polietilen atau plastik (21%) dan aluminium (5%) yang keseluruhannya dapat didaur ulang [1]. Penggunaan kertas sebagai kemasan ini tentunya tidak luput dari penebangan pohon sebagai sumber kertas itu sendiri. Saat ini Tetrapak menggunakan pohon-pohon yang bersertifikasi FSC atau Forest Stewardship Council, atau sertifikasi yang menyatakan bahwa pohon yang diambil oleh Tetra Pak berasal dari hutan yang akan ditanam kembali [2]. Nah dimana hutan bersertifikasi FSC ini? ternyata cuma ada di Eropa dan Amerika! Jauh ya? coba bayangkan berapa banyak carbon footprint yang kita hasilkan cuma dari minuman berkemasan Tetra Pak yang kita beli??


Proses Daur Ulang Kemasan Tetra Pak

Proses daur ulang kemasan karton diawali di pabrik kertas untuk memisahkan lapisan kertas dari lapisan polietilen dan aluminium. Nah setelah lapisan kertas berhasil dipisahkan dari lapisan polietilan dan aluminium, proses daur ulang kertas dilakukan. Jadi proses daur ulang kemasan Tetra Pak ini terdiri dari 2 proses yang berbeda yaitu proses daur ulang kertas, dan proses daur ulang (menjadi produk lain) lapisan polietilen dan aluminium. Ribet yah? Proses ini dilakukan di pabrik daur ulang mitra tetrapak dengan proses yang memakan energi dan waktu. Tidak lupa proses transport kemasan ini juga menyumbang jejak karbon yang besar yah!

Proses daur ulang kertas

Setelah lapisan kertas, aluminium dan polietilen terpisah, proses daur ulang kertas pun bisa dilakukan. Produk akhir dari proses daur ulang kertas ini berupa kertas daur ulang. Jadi bukan kembali ke bentuk kertas asal ya teman-teman, melainkan menjadi produk lain sehingga belum bisa dikatakan ekonomi sirkuler. Proses lengkap daur ulang kertas kemasan Tetra Pak bisa kamu baca disini.

Proses daur ulang polietilen dan aluminium menjadi produk lain

Daur ulang lapisan polietilen dan aluminium belum bisa saya katakan sebagai proses daur ulang karena memang tujuan dari proses ini adalah memanfaatkan limbah polietilen dan aluminium menjadi produk lain yang lebih bermanfaat. Proses ini dimulai dengan mencacah lapisan aluminium dan polietilen, kemudian dicetak dalam tekanan dan suhu tinggi sehingga menjadi bentuk lain seperti genteng, meja, atau lemari. Proses dalam keadaan tekanan dan suhu tinggi tentu membutuhkan energi yang sangat besar. Proses lengkapnya bisa kamu lihat disini ya. Seperti yang kita ketahui, energi yang besar (dan murah) ini hanya bisa diperoleh saat ini melalui bahan bakar minyak bumi atau batu bara. Coba bayangkan seberapa besar emisi karbon dari keseluruhan proses ini? 



Peran konsumen dalam proses Daur Ulang

Nah, sebetulnya karena proses daur ulang yang sangat panjang, memakan energi dan waktu, saya lebih suka merekomendasikan untuk meREFUSE, atau menolak dan menghindari produk apapun yang berkemasan. Meskipun, kemasannya bisa di daur ulang seperti Tetra Pak ini. Sayangnya, beberapa barang memang masih belum bisa dibeli tanpa kemasan. Misalnya susu untuk anak kita. Nah, dalam keadaan terpaksa seperti ini, tentunya kita bisa membeli minuman kemasan (diusahakan beli dengan ukuran paling besar) dengan bertanggung jawab. Bagaimana bentuk tanggung jawab kita terhadap kemasan Tetra Pak sebagai konsumen?
  1. Kumpulkan sisa kemasan Tetra Pak, termasuk sedotan dan plastik pembungkus sedotan
  2. Cuci bersih bagian dalam kemasan, tujuannya supaya lebih higienis saat proses pengumpulan atau saat transport. Cara mencucinya cukup di kocok-kocok dengan air dan memastikan bahwa tidak ada isi didalam kemasan tersebut
  3. Buka kotak kemasan dan pipihkan supaya lebih ringkas saat transport. Ingat 3L : Lipat. Letak. Lepas. seperti gambar dibawah ini ya
  4. Kumpulkan di dropbox Tetra Pak terdekat di kotamu, atau kirimkan ke kantor Tetra Pak di Jakarta 


Tetra Pak dropbox

Sebagai konsumen minuman berkemasan Tetra Pak yang bertanggung jawab dan peduli pada bumi kita, ada baiknya kita mengumpulkan kemasan dan memberikannya ke dropbox Tetra Pak terdekat di kota kamu. Nah dibawah ini list dropbox Tetra Pak yang tersedia saat ini ya.


Selain itu, Tetra Pak juga membina dan bekerjasama dengan bandar-bandar sampah yang dibantu kelola usahanya dengan baik dan didukung kegiatan operasionalnya, disebut ‘collection partner’ yang menjadi pusat pemilahan dan pengumpulan Kemasan karton bekas minuman di beberapa wilayah. Kamu juga bisa mengirimkan kemasan Tetra Pak ke collection partner ini ya.


Nah, buat kamu yang tinggal di kota yang tidak disebut di atas, kamu bisa mengirimkan kemasan Tetra Pak kamu langsung ke kantor Tetra Pak di alamat dibawah ini:
Gedung Tetra Pak Lantai 2, Jln Buncit Raya kav. 100, Jakarta Selatan
attn: Pelangi
 
Sayangnya memang harus biaya sendiri saat ini. Nah sudah pasti lebih baik menolak bukan daripada 'ribet' ngurusin kemasan bekas Tetra Pak dan perlu repot-repot mengirimkan kemasan ke dropbox atau bahkan ke kantor Tetra Pak di Jakarta?
Yuk jadi konsumen yang bijak!