Blog Image

Blog

Rokok: Masalah Kesehatan, Buruh Anak, dan Lingkungan

February 3, 2019
/
Tips
Rokok: Masalah Kesehatan, Buruh Anak, dan Lingkungan image

photo by hrw.org

Disclaimer:
artikel ini tidak bertujuan untuk memberikan celah kepada perokok untuk tetap merokok. Hal yang paling baik untuk tubuh dan bumi kita adalah dengan berhenti merokok.

Indonesia merupakan produsen tembakau terbesar kelima di dunia, dengan lebih dari 500,000 pertanian tembakau. Indonesia juga merupakan pasar rokok terbesar ketiga di dunia setelah China dan Rusia. Diperkirakan sebanyak 53.7 juta laki-laki dan 2.6 juta perempuan di Indonesia merupakan perokok aktif. Data dari the World Health Organization (WHO) bahkan menunjukkan angka yang lebih besar. Diperkirakan ada sebanyak 95 juta perokok aktif di tahun 2015 dan 20% dari perokok tersebut adalah anak muda. 


Kita semua tahu bahwa rokok memilik dampak yang sangat buruk bagi kesehatan. Asap rokok mengandung sebanyak 4000 bahan kimia beracun yang bisa menyebabkan sebanyak minimal 25 penyakit pada tubuh kita (1) Tapi, selain bahaya bagi kesehatan, rokok juga memiliki isu lain. Yuk kita lihat lebih dalam!

1. ISU SOSIAL
Tahukah kamu bahwa produksi tembakau dan rokok di Indonesia ternyata banyak melibatkan buruh anak-anak? International Labor Organization (ILO) melaporkan bahwa ada sebanyak lebih dari 1,5 juta anak usia 10 hingga 17 tahun bekerja di pertanian tembakau di Indonesia. Human Rights Watch (HRW) mendokumentasikan bagaimana buruh anak terpapar nikotin, menangani bahan kimia beracun, menggunakan benda tajam, mengangkat beban berat, dan bekerja di panas ekstrim, yang dalam jangka panjang sangat berbahaya bagi kesehatan dan masa depan anak-anak disana.


Berdasarkan laporan HRW, anak-anak buruh tembakau mengeluh mual, muntah, sakit kepala, atau pusing, semua gejala yang konsisten dengan keracunan nikotin kronis karena penyerapan nikotin melalui kulit mereka. Belum lagi paparan pestisida yang juga memiliki efek kesehatan jangka panjang dan kronis termasuk masalah penafasan, kanker, depresi, defisit neurologi, dan masalah kesehatan reproduksi.



Image by HRW.org

2. ISU LINGKUNGAN
Data dari Ocean Conservacy's International Coastal Clean Up menunjukkan bahwa filter rokok merupakan paling banyak  ditemukan di pantai, yaitu sebanyak 2.4 juta buah filter rokok! Jumlah ini melebihi jumlha plastik sekali pakai seperti plastik pembungkus makanan (1.7 juta buah), botol plastik (1.5 juta buah), tutup botol plastik, (1 juta buah), dan sedotan plastik (640 ribu buah).

Masalah utama dengan filter rokok ialah filter rokok ini terbuat dari cellulose acetate,  yang juga adalah sejenis plastik dan memerlukan waktu 18 bulan hingga 12 tahun untuk terurai. Tidak hanya itu, filter rokok ini juga mengandung berbagai macam jenis bahan kimia beracun seperti tar dan nikotin yang berpotensi mencemari air dan lingkungan serta mengancam organisme yang hidup didalamnya.

Riset dari San Diego State University menunjukkan bahwa 1 buah filter rokok di dalam 1 liter air bersih cukup untuk membunuh hewan laut. Data lain menunjukkan bahwa 1 buah filter rokok dapat mencemari 500 liter air bersih. Jadi coba bayangkan kalau ada 2.4 juta buah filter rokok, berapa liter air bersih yang tercemar?


Berhenti merokok bukan hanya masalah peduli terhadap kesehatan diri sendiri dan ornag yang kita sayamg (perokok pasif), tapi juga peduli terhadap sebagian kecil anak-anak yang hidup di lingkungan perkebunan tembakau dan makhluk hidup lain yang juga hidup di bumi kita. Yuk mulai sekarang mulai berhenti dan kurangi merokok.

Perlahan tapi pasti, ini beberapa alternatif merokok minim sampah - yang mungkin bisa membantumu utnuk bertransisi berhenti merokok.

Alternatif Merokok Minim Sampah
Sebelum memulai untuk menggunakan alternatif ini, penting bahwa kamu harus sudah tidak membeli lagi rokok instan yang dijual di pasaran. Juga, pastikan bahwa kamu memiliki dukungan moral yang cukup dari orang-orang terdekat ya!

#Daun tembakau
Satu hal yang harus diganti untuk merokok minim sampah adalah tembakau. Kamu bisa menggantinya dengan membeli daun tembakau yang dijual eceran dari petani (trust me, it's all over the marketplace!)

#Kertas tembakau
Untuk melinting, kamu bisa menggunakan kertas melinting khusus untuk merokok atau biasa dikenal dengan nama papir (ini juga bisa dicari di marketplace)

#Pipa rokok
Selain menggunakan papir, kamu juga bisa menggunakan pipa rokok. Yup, pipa yang dipakai oleh tokoh kartun popey si pelaut.

#Korek kayu
Yang terakhir, hindari penggunaan korek cair didalam kemasan plastik (iya yang sering hilang itu!). Alternatifnya, gunakan korek berbahan kayu.

jadi, mulai kapan kamu berhenti merokok? Sekarang yuk!